DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  XML Detail


Judul Psikologi Pendidikan : Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang
Edisi Ed. ke-6
No. Panggil 370.2. OR p1
ISBN/ISSN
Pengarang Ormrod jeanne Ellis. p - Personal Name
Subyek/Subjek EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Klasifikasi 370.2 /21-22
Judul Seri
GMD Text
Bahasa Indonesia
Penerbit Erlangga
Tahun Terbit 2008
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik xvi. 491 hal : ilus: 24 cm
Abstrak Dewasa ini, penguasaan ketrampilan mengajar yang efektif tidak saja dilihat dari seberapa kompeten seseorang menguasai bidang yang diampunya, tetapi juga dari seberapa baik ia mengenal siswa-siswanya dan lantas mendorong secara optimal perkembangan berbagai bakat dan potensi masing-masing siswa secara optimal dalam suasana kelas yang kondusif. Dengan kata lain, proses mengajar yang efektif tidak cukup diukur dari seberapa mampu seorang guru mempresentasikan suatu topik atau mendemontrasikan suatu ketrampilan sedemikian rupa sehingga para siswa dapat memahami dan menguasainya, melainkan, para guru harus mampu meraih perhatian siswa memotivasi siswa sehingga siswa bersemangat dan antusias mempelajari materi yang diberikan, dan mentransformasi hubungan-hubungan interpesonal sedemikia rupa sehingga menjadi suatu komunitas pembelajaran yang kohesif, produktif, dan saling menghargai. Selain itu proses , proses mengajar yang efektif melibatkan kemampuan yang menentukan "posisi" siswa terkait level pembelajaran dan perkembangannya - apa saja yg telah diketahui (atau yg blm diketahui) siswa, apa saja yg dapat dilakukan (dan yg tdk dpt dimiliki) siswa, dan seterusnya. Dengan demikian, prosesmengajar perlu melibatkan pemahamann terhadap keberagaman latar belakang para siswa, agama kondisi keluarga, dan juga kekurangan fisik, kognitif,atau perilaku yang dimiliki para siswa. Ringkasnya, ketrampilan mengajar juga memerlukan pengetahuan mengenai proses pembelajaran pada manusia, motivasi, tren perkembangan, pebedaan individual dan perbedaan kelompok, dan praktik-praktik pemberiann intruksi dan asesmen yang efektif. Topik-topik ini berada dalam tanah psikologi pendidikan (educational Psychology).
Buku ini akan membantu anda memahami anak -anak dan remaja bagaimana mereke belajar dan berkembang, apa sajakan persamaan dan perbedaan antar individu, dan jenis - jenis topik atau aktifitas yng paling berpotensi menumbuhkan semangat dan antusiasme siswa dikelas. Buku ini juga akan memberikan anda suatu perangkat strategi yang berguna dalam proses merencanakan dan menerapkan pengajaran dalam membentuk suatu lingkungan yang membantu para siswatetap termotivasi mengerjakan tugas, dan dalam penilaian (asesmen) terhadap kemajuan dan prestasi belajar para siswa. Dalam Jilid 1 ini disajikan beberapa topik berikut:Psikologi Pendidikan dan Pembuatan Keputusan oleh Guru, Perkembangan Kognitif dan bahasa, Perkembangan pribadi dan sosial, perbedaan kelompok, Perbedaan Individual dan kebutuhan pendidikan khusus, Pembelajaran dan Proses-prose kognitif,Konstruksi Pengetahuan,
Proses-proses Kognitif Tingkat Tinggi, Pandangan Behavioris tentang Belajar.
Setelah mendalami buku ini, Anda diharapkan menguasai dan bagaimana seharusnya siswa belajar. Buku ini adalah buku yang wajib dimiliki oleh semua guru.
Detil Spesifik Glosarium : hal. 481-488 Index : hal. 489-491
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya